Ini Dia Kriteria AC yang Hemat Listrik


Wah panas sekali hari ini, apakah di daerah kalian panasnya minta ampun? Entah apa yang terjadi pada cuaca in Indonesia sekarang, biasanya menjelang bulan Desember akan turun hujan yang sedikit membuat seju hawa lingkungan yahh. Ya itu karena manusia sendiri yang enggan mau peduli kepada lingkungan yang membuat cuaca di bumi menjadi semakin memburuk. 

Baiklah dengan cuaca yang lumayan terik ini saya akan merekomendasikan AC  yang mungkin membuat kalian sedikit sejuk di dalam ruangan kamar kalian atau lainnya ya. Kebanyakan orang  kalau membeli AC  toko elektronik pasti akan tau namanya, misalya membeli indoor AC  atau membeli outdoor AC , Akan tetapi tidak semua orang mengetahui berapa kapasitasnya. Dan seandainya kita membelinya pun kita langsung diambilkan barangnya tanpa memberi penjelasan apapun,dan kita percaya saja dengan si penjual.

Tetapi seandainya kita bertanya pasti akan dikasih tau sama penjualnya. Ketika ada teknisi pendingi datang kerumah untuk memasangkan AC , pertanyaan yang sering kali dilontarkan adalah “ AC  itu berapa PK mas?”. Itu menandakan bahwa pembeli masih kurang yakin betul dengan AC . Setiap kemasan produk tentunya memberikan beberapa informasi tentang produk yang ada didalamnya. Seperti halnya pembungkus makanan, kita disuguhkan beberapa informasi tentang prosuk makanan yang ada didalamnya. 

Mungkin salah satu informasi yang tetrtera didalam pembungkusnya adalah rasa makanan tersebut. Tanpa kita membuka pembungkus dan mencicipi makanannya, dari label yang ada kita mengetahui gambaran rasa dari makanan tersebut. Begitu halnya dengan pembungkus AC , produsen sudah emberikan informasi pada label pembungkus dari air conditioner yang ada didalam. Memang kalo kita mencari tulisan berapa PK air conditioner tersebut secara gamblang, tidak akan ada. Kare sebenarnya satuan daya pendingin adalah BTU/hr. Tetapi masyarakat awam lebih familiar menyebutnya dengan PK AC .

Langsung saja kita mulai dengan AC 1 pk low watt terbaik. Apa itu AC  1 PK low watt? Dan apa perbedaan AC  Low Watt atau AC  Inventer? Mungkin pengertian PK sendiri masih belum diketahui bagi banyak orang. PK merupakan singkatan dari Paard Kracht (Daya Kuda). Ini adalah sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan BTU/h (British Thermal Unit per hour). BTU inilah yang menentukan tingkat kesejukan udara yang dihasilkan. Memang, untuk menghasilkan BTU yang besar memerlukan PK yang besar pula. Itulah sebabnya tingkat dingin yang dihasilkan oleh AC   sering ditentukan berdasarkan PK nya.  Dan apa perbedaan AC  Low Watt atau AC  Inventer? berikut ini telah saya siapkan perbedaan nya :

  • AC  Low Watt

AC  Low Watt memiliki cara kerja yang sama dengan AC  Standard. Perbedaannya hanya terletak pada kompressornya yang menggunakan daya listrik yang lebih kecil. Untuk mencapai kemampuan yang sama maka AC  Low Watt memperkuat kipas angin pada outdoor unit. Secara umum, AC  Low Watt memiliki harga lebih mahal dari AC  Standard tetapi menggunakan listrik yang lebih efisien sehingga biaya listrik anda akan lebih murah hingga ~20-30% per bulannya. Tipe AC  Low Watt ini juga cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil karena memiliki tarikan listrik awal yang paling kecil dibandingkan dengan tipe AC  Standard dan AC  Inverter.
 
  • AC  Inventer

AC  inverter adalah AC  dengan kasta AC  tertinggi. Teknologi pada AC  inverter membuat kompresor pada AC  inverter dapat bekerja menyesuaikan pada kebutuhan untuk mencapai suhu ruangan yang kita inginkan. Sebagai contoh apabila kalian menyetel suhu 26 pada remote AC  inverter maka pada awal dinyalakan AC  Inverter akan bekerja dengan sangat keras untuk mendinginkan ruangan tentunya. Penggunaan awal ini menggunakan listrik yang lebih tinggi dari AC  Standard apa lagi dengan AC  Low Watt hehe. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai 26 (sesuai dengan remote AC  maka kompressor pada AC  inverter akan bekerja seminimal mungkin. 

AC  Inverter ini akan terus bekerja untuk memastikan suhu ruangan sesuai dengan suhu yang disetel pada remotenya. Hal ini membuat AC  inverter tidak cocok untuk ruangan yang pintunya kerap dibuka tutup atau banyak orang keluar masuk. AC Inverter juga tidak cocok untuk penggunaan yang sebentar karena tarikan listrik awalnya amat tinggi sehingga tidak efisien pada penggunaan listrik.

Nah bagaimana sudah mengerti dengan pengertian PK? Dan perbedaannya antara AC  Low Watt dan AC  Inventer? Sekarang, bagaimana menentukan PK yang sesuai bagi ruangan kita? untuk menjawab kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut..
AC ½ PK = ±5.000 BTU/h
AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/h
AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h
AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h
AC 2 PK = ±18.000 BTU/h


Itulah rumus cara menghitung PK dalam AC  agar hemat daya.. apa ada yang tahu cara menghitung PK AC  menggunakan rumus tersebut? Contoh Ruangan kamar kalian berukuran panjang nya 5 meter, lebarnya 3 meter dan tinggi nya juga 3 meter. Maka hasil perkaliannya menjadi [5 x 3 x 3]/3 x 500 = 7500. Jadi  setelah dicocokkan dengan rumus perhitungan PK diatas, angka tersebut berada diantara 7000 dan 9000, jadi dapat digunakan AC  dengan ¾ PK atau 1 PK sob. Ini saran dari saya ya, sebaiknya kalian gunakan AC   berukuran 1 PK saja, agar kerja AC   tidak terlalu berat, karena bila yang digunakan AC   ¾ PK, berarti AC   harus bekerja lebih berat agar dapat menyesuaikan dengan ukuran ruangan. Wah, jadi seperti rumus fisika ya hihi..

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.