Jahe, si rimpang yang kaya akan manfaat



Teman-teman semua pasti pernah mengkonsumsi jahe kan? Pasti pernah kan ya. Tahu jahe kan? Bisa bedain dengan rimpang yang lain seperti kunyit, kencur, lengkuas? Wah, kalau yang ini gak semua bisa ya. Tapi kali ini sedang tidak mau membahas tentang ciri-ciri jahe, tetapi mau bahas manfaat jahe yang luaar biasa, jahe ini sangat berfaedah untuk tubuh kita. Jahe mengandung banyak zat fitokimia dan fitonutrient yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, selain itu mengkonsumsi jahe juga dapat menghangatkan tubuh kita serta aromanya yang bikin ketagihan.

Mengkonsumsi jahe dapat menangkal berbagai bahan kimia yang masuk ke tubuh sehingga dapat menangkal berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh, jahe juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan kadar trigliserid dalam darah. Selain itu jahe juga mempunyai fungsi sebagain nefroprotektor atau menjaga kesehatan ginjal sehingga dapat mencegah kerusakan ginjal, selain itu jahe juga dapat menurunkan kadar kreatinin dalam darah. For your information, kreatinin adalah racun dalam darah yang mana dia adalah salah satu indikator saat ginjal bermasalah.

Jahe adalah sumber antioksidan yang tinggi karena kandungan gingerol yang ada di dalamnya, kadar antioksidannya ini setara dengan vitamin C serta karena efek antioksidannya inilah mengkonsumsi jahe dapat mendetox tubuh kita dari berbagai zat kimia yang kita konsumsi dan juga dapat meningkatkan produksi hormon testosteron. Jahe juga dapat melindungi tubuh dari berbagai polutan karena kandungan poliphenolnya.

Karena banyaknya manfaat yang terkandung di dalam rimpang jahe ini maka sekarang jahe banyak dimanfaatkan dalam berbagai produk, yaitu:

1.   Industri minuman

Sekarang semakin banyak banyak produk minuman menggunakan bahan dasar jahe, selain mengambil manfaat berupa penghangat tubuh, mereka juga mengambil manfaat dari jahe berupa antioksidan. Banyak sekali jenis minuman jahe. Mulai dari sirup jahe, kopi jahe, minuman jahe instan, susu jahe, dan lain sebagainya

2.   Industri makanan

Banyak jenis makanan yang menggunakan bahan dasar jahe, mulai dari permen, enting-enting, kue basah, kue kering. Yang kesemuanya itu bermaksud untuk mengambil manfaat yang sangat baik dari jahe tersebut.

3.   Industri kosmetik

Dunia kosmetik juga tidak mau kalah dalam usaha mengambil manfaat dari jahe ini. Sekarang sudah mulai banyak beredar produk-produk kosmetik dengan menggunakan jahe, seperti parfum, facial wash, body soap, dan lain sebagainya. Selain kandungan jahe yang luar biasa, jahe juga mempunyai aroma yang menyegarkan dan dapat digunakan sebagi aromaterapi.

4.   Industri tradisional

Industri tradisional berupa jamu banyak menggunakan jahe. Ada yang menggunakannya sebagai bahan dasar dan ada pula yang menggunakannya hanya sebagai bahan tambahan untuk diambil beberapa manfaatnya seperti penghangat dan juga aromanya.


5.  Bumbu dapur

Bumbu-bumbu rimpang ini yang akan memberikan rasa dan aroma masakan menjadi sedap, semua bahan makanan terutama produk hewani jika dimasak menggunakan rempah akan menambah cita rasa masakan, selain rasa dan aroma didapat, khasiatnya pun tidak kalah penting.

Manfaatkan produk-produk asli alam seperti rimpang jahe ini, karena produk alami seperti ini tidak mengandung bahan kimia dan banyak berfaedah bagi kesehatan. Kurangi makan makanan yang serba instan karena jika kita mengkonsumsi makanan instan dalam jangka panjang akan merusak tubuh anda dan jika anda terlanjur banyak mengkonsumsi makanan yang instan dan tidak sehat maka perbanyaklah mengkonsumsi bahan yang mengandung antioksidan seperti jahe ini. Sayangilah tubuh anda!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.