Program Optimisme Joko Widodo Dalam Masa Kepemimpinan


Mendengar nama Joko Widodo tentu kita punya berbagai persepsi mengenai presiden Indonesia yang satu ini. seperti yang kita tahu bahwa presiden yang sering dipanggil pak Jokowi ini sebelumnya telah berhasil menjadi pemimpin Kota Solo kala itu. Pak Jokowi sebagai bagian dari bangsa Indonesia tentu juga memiliki impian yang sama dengan pemimpin lain untuk bisa memajukan Indonesia menjadi Negara yang bisa diandalkan dan bisa menjadi contoh yang baik untuk Negara lainnya. Hal ini menjadi salah satu sebab mengapa Jokowi di tahun ini mencalonkan dirinya lagi untuk menjadi presiden dengan menggandeng KH Ma’ruf Amin sebagai cawapresnya. Dalam beberapa waktu yang lalu pada sesi debat calon presiden, Jokowi sebagai calon dengan nomor urut satu ini memberikan orientasinya mengenai visi dan misi serta pandangannya mengenai Indonesia akan menjadi apa jika kelak ia berhasil menjabat menjadi presiden untuk yang kedua kalinya.



Selain itu Jokowi juga berorientasi mengenai sikap optimismenya untuk menjadikan Indonesia sebagai Negara yang sejahtera dengan berbagai rencana program kerja yang akan dibangunnya kelak. Beberapa program kerja yang menjadi bentuk optimism dari Jokowi ini adalah seperti :

1.  Perempuan Berdaya. Adanya program ini didedikasikan untuk para perempuan yang telah menjadi seorang ibu dan memiliki anak yang masih harus dirawatnya. Adanya program ini memberikan ruang yang lebih luas pada para ibu rumah tangga untuk tetap menjalankan aktivitas bekerja di luar rumah sedangkan para anak yang masih harus dalam asuhan akan diberikan fasilitas dalam lingkup penitipan anak yang diadakan secara massif.
   
     2.  Program pemberian sertifikat tanah untuk setiap rakyat kecil yang ada di Indonesia. Hal ini ditujukan agar tidak ada lagi tanah tanpa jaminan hukum dari rakyat kecil tersebut. Dalam hal ini Jokowi akan memanfaatkan konsensi tanah besar yang dikembalikan kepada Negara untuk kepentingan rakyat kecil tersebut sesuai dengan rencana programnya.

    3.  PKH. PKH yang merupakan singkatan dari Program Keluarga Harapan ini sebenarnya sudah direalisasikan di tahun 2018 oleh presiden Jokowi. Adanya program ini juga menunjukkan keberhasilan dengan bukti adanya sekitar 10 juta keluarga yang telah sukses terbantu dalam hal kehidupannya. Kali ini Jokowi menegaskan bahwa program ini juga akan terus berlanjut jika ia berhasil terpilih menjadi presiden lagi kali ini.
  
     4. Vokasi. Program vokasi ini merupakan program khusus yang bisa dimanfaatkan bagi para pengangguran atau pencari kerja dan bahkan untuk para korban PHK. Realisasi dari program ini adalah dengan diterbitkannya Kartu Pra Kerja yang mana dengan adanya kartu ini diharapkan para pencari kerja dapat mengasah keterampilan atau kemampuannya dalam bekerja melalui program yang sudah diterapkan dan akan diterapkan terus menerus selama Jokowi menjadi Presiden bangsa Indonesia. Program yang satu ini memiliki tujuan pembentukan SDM rakyat Indonesia agar semakin bagus mutu dan kualitasnya.

Sebenarnya masih ada banyak program kerja yang menjadi optimisme Jokowi dalam membangun Indonesia yang lebih berkemajuan. Namun sebagian di atas yang telah dijelaskan tersebut merupakan beberapa bentuk program yang akan dan dalam proses direalisasikan. Dalam membentuk setiap program kerja ini Jokowi sangat percaya diri dan menunjukkan sikap optimismenya dalam membangun negeri Indonesia ini. Hal ini juga terungkap pada orientasi yang disampaikan oleh Jokowi sendiri dalam beberapa konverensi-konverensi penting dan tentu saja dalam ajang debat calon presiden beberapa waktu lalu.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.