Ketahui Penyebab Gusi Berdarah

penyebab gusi berdarah

Gusi berdarah banyak dialami oleh masyarakat pada umumnya. Hal ini menandakan bahwa gusi kita sedang bermasalah. Selain itu, gusi berdarah juga bisa menunjukkan bahwa kesehatan tubuh kita tengah terganggu. Penyebab gusi berdarah sendiri sangat beragam, ada yang disebabkan oleh gangguan kesehatan tubuh, mikroorganisme, dan kesalahan teknis dalam perawatan gigi.

Terkadang gusi berdarah secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Bahkan gusi berdarah pun seringkali tidak disertai dengan rasa sakit. Namun, tidak sedikit gusi berdarah yang dibarengi dengan rasa sakit yang luar biasa. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab gusi berdarah, sehingga penanganannya pun akan tepat dan tidak menimbulkan masalah lain. Berbagai Penyebab Gusi Berdarah

Beberapa penyebab gusi berdarah di antaranya adalah sebagai berikut:


Kekurangan Vitamin C dan K

Vitamin C dan K merupakan dua jenis vitamin yang paling memiliki peran penting dalam memperkuat dan menjaga kesehatan gusi. Dengan vitamin C dan K yang cukup, maka gusi akan terlindungi dari berbagai gangguan seperti mikroorganisme dan mempercepat penyembuhan luka.
Kekurangan vitamin C dan K, dapat menyebabkan gusi mudah berdarah. Oleh karena itu, asupan makanan yang mengandung vitamin C dan K harus terpenuhi, seperti jeruk, melon, jambu biji, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Dengan ini, gusi tidak akan mudah berdarah, dan kebutuhan vitamin C dan K dalam tubuh pun juga akan terpenuhi.

Tumbuhnya Plak atau Karang Gigi

Penyebab gusi darah lainnya adalah tumbuhnya plak atau karang pada permukaan gigi. Sebab, lapisan plak atau karang gigi berasal dari kalsium-kalsium yang runcing, sehingga ketika gusi bersinggungan dengan plak gigi, maka gusi yang memiliki lapisan tipis akan mudah berdarah. 

Hal inilah yang seringkali menjadi penyebab gusi berdarah. Ketika kita hanya diam saja, singgungan kecil antara plak gigi dengan lapisan permukaan gigi dapat menyebabkan pendarahan pada gusi.

Adapun tumbuhnya plak atau karang gigi ini adalah karena jarang menyikat gigi. Sisa makanan yang masuk ke dalam mulut kita akan menempel pada permukaan gigi, sehingga jika tidak rutin menyikat gigi, maka sisa makanan tersebut dapat mempercepat pembentukan plak atau karang gigi.

Menyikat Gigi dengan Terlalu Keras

Menyikat gigi juga dapat menjadi penyebab gusi berdarah jika dilakukan dengan terlalu keras. Menyikat gigi yang terlalu keras dapat menyebabkan trauma pada gusi, sehingga pendarahan pun terjadi. Terlebih lagi jika dilakukan dengan menggunakan sikat gigi yang berambut keras.
Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan sikat gigi dengan rambut yang lembut dan melakukannya dengan pelan dan perlahan. Meskipun sepele, tapi ternyata hal ini dapat menjadi penyebab gusi berdarah.

Merokok atau Sejenisnya

Merokok sudah terbukti dan jelas merusak kesehatan tubuh, salah satunya adalah merusak kesehatan mulut dan gigi. Selain merusak kesehatan, maka ketika gusi mengalami trauma atau semacamnya, maka jaringan gusi akan sulit untuk diperbaiki. Hal ini menyebabkan gusi menjadi lebih rentan untuk berdarah, bahkan mengalami pembengkakan.

Perubahan Hormon dalam Tubuh

Perubahan hormon ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab gusi berdarah. Perubahan hormon yang dialami oleh remaja, ibu hamil, wanita menstruasi, dapat mengakibatkan gusi lebih rentan berdarah dan mengalami peradangan gusi.

Dengan berbagai penyebab gusi berdarah tersebut di atas, Anda bisa mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat dan lebih baik, khususnya pada perawatan gusi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.